Kamis, 16 Oktober 2014

Memahami Arti Dari Sebuah Proses

Sebuah Proses dan sebuah Hasil
     Setiap perkembangan pasti ada sebuah proses. Setiap perubahan pasti memerlukan proses. Proses sendiri adalah langkah-langkah yang diperlukan/dilakukan demi tercapainya tujuan. Seringkali ketika ingin mendapatkan sebuah hasil, kita sering berusaha sebaik mungkin untuk melakukan yang terbaik agar kita dapat menikmati hasilnya. Setiap apa yang kita kerjakan pastilah memiliki nilai yang dapat mempengaruhi hasil yang kita dapat. Semakin baik apa yang kita kerjakan, semakin baik pula apa yang akan kita dapatkan nantinya.

     Di sini saya akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai esensi dari proses yang kita lakukan. Saya juga akan sedikit demi sedikit merubah sudut pandang orang-orang yang masih menganggap segala sesuatu ditentukan oleh hasil. Kita tidak pungkiri, memang hasil lah yang kita inginkan. Tetapi apakah kita sadar bahwa terkadang hasil yang kita dapatkan belum tentu sesuai dengan apa yang kita harapkan bukan? Sebagai contoh: Kita ingin memiliki motor dengan Tipe A dengan harga 10 juta, tetapi yang kita dapatkan bukanlah motor dengan Tipe A melainkan Tipe B dengan harga 5 juta. Apakah sesuai dengan yang kita inginkan? Tentu tidak.

     Kita hanya berharap sesuatu berjalan sebagaimana mestinya, kita hanya ingin apa yang kita inginkan terwujud sesuai harapan. Apakah pernah terbesit oleh kita untuk mengingat kembali bagaimana cara kita mendapatkannya? Apakah pernah terpikir oleh kita bagaimana sebelumnya kita melakukan banyak hal demi mendapatkan tujuan kita itu? Jika ya, coba renungkan kembali. Seberapa besar kah perjuangan kita mendapatkan tujuan itu? Pantas kah kita mendapatkan apa yang kita inginkan dengan perjuangan yang telah sebelumnya kita lakukan?

     Disadari atau tidak. Jika kita sedikit mencermati apa saja yang pernah kita lakukan dahulu, kita telah mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita lakukan. Tidak percaya? coba bandingkanlah usaha dengan hasil yang anda dapat sekarang. Hasilnya pasti sesuai.

    Sebuah hasil tidak akan didapat jika tidak ada sebuah proses. Sebuah hasil yang sedikit akan didapatkan apabila proses yang dilakukan tidak efektif dan efisien. Sebuah hasil yang tak terduga akan didapatkan apabila proses yang dilakukan dengan efektif, efisien, konsisten dan terus-menerus.

     Sebab mengapa kita harus efektif dan efisien, karena agar setiap apa yang kita lakukan tidaklah menjadi hal yang sia-sia sehingga kita tidak menghabiskan sumber daya yang ada. Baik tenaga, pikiran maupun materi. Untuk itu, janganlah berpikir untuk mendapatkah hasil yang besar, kita tidak memikirkan cara yang tepat untuk mendapatkannya.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar